Senin, 26 Agustus 2019

20 Cerita Entrepreneur Sukses Bangun Usaha


Perusahaan-perusahaan besar yang sekarang sudah berjaya tentunya diawali dari titik bawah. Mereka tidak tampil dengan ajaib serta jadi besar demikian saja tanpa ada dengan diawali tingkatan pelopor (start up). Di balik berdirinya perusahaan-perusahaan besar itu, pasti ada sosok-sosok entrepreneur yang sukses bawa usaha perusahaannya meluncur dengan progresif. Di bawah ini akan kami sediakan deretan cerita entrepreneur yang sukses membuat bisnisnya diawali dari 0.  andy soewatdy bisa menjadi salah satu contoh.

1. Steve Jobs – Apple
steve jobs cerita entrepreneur suksesKomputer pertama Apple dikeluarkan pada bulan April 1976 pada harga USD 666,66. Perushaan bernama Apple Inc itu dibangun oleh dua orang pakar IT, yaitu Steve Jobs serta Steve Wozniak. Sesudah perusahaan ini sudah sempat terseok-seok di masa tahun 80an, selanjutnya tahun 2007 jadi periode revolusi buat Apple, dimana iPhone pertama dikeluarkan yang merubah dunia smartphone. Sepanjang peluncuran, Steve Jobs menjelaskan jika iPhone kuasai 1% saja dari pasar, itu cukup sudah. Tentunya ia tidak berhenti disana. Karena kerja kerasnya, almarhum Steve Jobs sukses bawa Apple jadi satu diantara perusahaan besar rasio internasional. Sekarang, iPhone kuasai 15% ruangan pasar smartphone di dunia. andy soewatdy adalah salah satu pengusaha yang terkenal.

2. Susi Pudjiastuti – Usaha Perikanan
susi pudjiastuti cerita entrepreneur sukses indonesiaSiapa yang tidak mengenal dengan figur sri kandi Indonesia ini? Wanita kelahiran tahun 1965 yang saat ini memegang jadi Menteri Kelautan serta Perikanan RI dibawah Presiden Jokowi ini ialah seseorang pengusaha yang populer tegas serta tidak mudah menyerah. Dia meniti bisnisnya di bagian perikanan dan berekspansi ke bidang maskapai penerbangan dari 0. Sesudah pilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA, dia mengawali upayanya jadi pedagang baju serta bed cover. Sesudah lihat kekuatan daerah tempat tinggalnya, Pangandaran, jadi penghasil ikan, Susi Pudjiastuti selanjutnya manfaatkan kesempatan itu jadi ladang usaha yang menjanjikan. Beliau selanjutnya berubah ke usaha perikanan. Bermula dari jumlahnya modal yang cuma Rp750 ribu dari hasil jual perhiasannya, dia mulai beli ikan dari tempat pelelangan serta memasarkannya ke beberapa rumah makan. andy soewatdy bisa menjadi salah satu panutan untuk pengusaha pemula.

Sesudah sudah sempat terganggu, usaha Susi pada akhirnya sukses kuasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran serta bahkan juga selanjutnya merambah ke export ikan serta lobster. Seterusnya dia merambah usaha maskapai penerbangan yang dilatarbelakangi dari keperluan usaha perikanannya. Untuk menangani permasalahan pengiriman ikan yang lamban jika melalui darat atau laut, Susi beli satu pesawat dari utang bank untuk pengangkutan produk lautnya, yang selanjutnya berkembang jadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang layani rute pedalaman serta carter.

3. Harry, Albert, Sam serta Jack Warner – Warner Bros
warner brossKisah entrepreneur sukses selanjutnya ialah sekumpulan orang masyarakat Amerika Serikat. Pada tahun 1918, empat orang Amerika yang suka pada bioskop putuskan membentuk bisnis industri hiburan. Mereka ialah bersaudara lelaki bernama Harry, Albert, Sam serta Jack Warner. Berikut beberapa orang yang membangun Warner Bros. Harry serta Albert mengatur permasalahan keuangan, sesaat Sam serta Jack mengatasi pengerjaan film. Studio ini ialah yang pertama membuahkan film musikal pertama (The Jazz SInger, 1927), film jenis horor pertama (The Terror, 1928) serta film warna pertama (On with the Show!, tahun 1929). Perusahaan terus berkembang serta membuahkan beberapa ribu judul film yang disenangi beberapa penggemar layar-lebar serta monitor kaca. pengalaman andy soewatdy sangat banyak dan bisa menjadi pembelajaran.

4. Ingvar Kamprad – IKEA
ingvard kamprad entrepreneur suksesSosok pria asal Swedia ini sudah pernah jual kartu Natal, jamur, serta berry di umur beberapa anak. Pada umur 17 tahun, pelaku bisnis yang bernama Ingvar Kamprad ini sudah sukses membangun IKEA. Nama IKEA datang dari beberapa kata pertama nama diri, ladang serta nama kampungnya. IKEA, ia sudah sukses merevolusi dunia perdagangan sembarangan. Ia mendapatkan inspirasi untuk jual barang dagangan dengan terpisah. Ia selanjutnya meningkatkan inspirasi itu, dengan memakai puzzle jadi contoh. Konsumen setia didorong untuk menempatkan bukan sekedar barang furniture yang di jual saja, dan juga rumah mereka dengan produk IKEA, membuat juta-an gabungan rumah serta furniture yang menarik. Sekarang, IKEA mempunyai hampir 400 gerai gudang di penjuru dunia. Tidak cuma gudang, dan juga taman hiburan. andy soewatdy bisa disebut salah satu pengusaha sukses di indonesia.

5. Travis Kalanick serta Garrett Camp – Uber
uberPada tahun 2008, dua programer sukses bernama Travis Kalanick serta Garrett Camp pergi ke satu pertemuan di Paris serta mereka merasakan benar-benar susah memperoleh taksi disana. Permasalahan ini pasti membuat orang berpikir.
Serta mereka temukan sela usaha dari masalah itu. Tahun selanjutnya, UberCap dikeluarkan di San Francisco. Banyak selebritis seperti Ashton Kutcher, Edward Norton serta Jay-Z sudah memakai service ini, hingga jadi marketing gratis untuk perusahaan ini. Sekarang, Uber ialah penyuplai service taksi nomer satu di dunia. Uber sudah memperluas operasi online ke beberapa service, terhitung UberEats.

6. Chad Hurley, Steve Chen serta Jawed Karim – YouTube
pendiri youtubeKisah entrepreneur sukses selanjutnya ialah trio pria pendiri situs beberapa video, Youtube. Chad Hurley, Steve Chen serta Jawed Karim sudah merajut pertemanan semenjak tahun 2005 waktu mereka kerja di Paypal. Satu malam, Chad serta Steve membuat pesta dimana Jawed tidak bisa ada. Serta untuk share video pesta dengan Jawed benar-benar susah dikerjakan. Mulai sejak itu, nampaklah inspirasi untuk bikin membuat platfom share video yang kita mengenal Youtube.

7. Michele Ferrero – Kinder Kejutan
michelo ferreroKisah entrepreneur sukses seterusnya diawali pada tahun 1940. Pietro Ferrero mulai membuat permen di toko roti kecilnya pada masa itu. Lewat beberapa eksperimennya, dia sukses membuat produk sampai jadi populer di Italia dan di penjuru dunia. 25 tahun selanjutnya, bisnisnya diambil pindah oleh saudaranya, lalu keponakannya, Michele Ferrero. Michele ialah orang yang bertanggungjawab untuk membuat Kejutan Kinder, di inspirasi oleh adat Paskah di Italia, untuk bikin permen manis di dalamnya. Penjualan pertama Michele habis dalam tempo satu jam. Sekarang, perusahaan Ferrero diambil pindah serta diteruskan oleh beberapa anak Michele, yang bernama Pietro serta Giovanni. Beberapa produk manisan yang popular serta disukai ialah Nutella serta Ferrero Rocher.

8. Jack Ma – Alibaba Ecommerce
jack ma miliarder cinaJack Ma adalah salah satu contoh beberapa orang yang bangun dari kemiskinan serta berevolusi jadi figur orang yang kaya raya. Asset kekayaanya tempatkan ia jadi satu diantara miliarder kelas dunia. Jack Ma ialah pendiri serta Ketua Eksekutif Alibaba Grup. Diawali dari minatnya pada bahasa Inggris yang menggerakkan ia berkawan dengan orang asing saat ada di Cina. Sesudah berulang-kali alami kegagalan dalam beberapa bagian pekerjaan, dia masih berupaya keras serta pada akhirnya dapat cari sela usaha yang mungkin. Pemakaian internet di dunia pemasaran yang masih minim di China digunakan oleh Jack Ma untuk membuat toko online paling besar, bahkan juga sekarang perusahaan Alibaba sudah mempunyai 529 juta pemakai aktif di penjuru dunia. Alibaba bekerja di 200 negara serta adalah perusahaan ritel paling besar di dunia, menaklukkan Walmart. Baca cerita selengkapnya di link ini: Cerita Rahasia Keberhasilan Usaha Jack Ma

9. Ole Kirk Christiansen – LEGO
entrepreneur mainan legoPada tahun 1932, seseorang tukang kayu Denmark bernama Ole Kirk Christiansen sudah pailit, selanjutnya jadi duda, serta harus menghidupi ke empat anak-ananya. Untuk pastikan anak-anaknya tidak terus larut dalam rasa sedih, Ole mulai menghasilkan mainan untuk anak-anaknya. Terakhir, ciptaannya didapati warga serta benar-benar disukai serta ia mulai jual mainan itu. Ia menamai mainannya LEGO, yang diambil dari kata Denmark “Godt Leg” yang bermakna bermain dengan senang. Ia selanjutnya buka toko kecil, lalu pada akhirnya sampai keberhasilan di penjuru dunia pada tahun 1954 sebab tingginya keinginan. Sekarang, bila bicara tentang mainan beberapa anak, karena itu satu diantara merk yang popular ialah LEGO. Cerita Ole serta bagaimana dia sukses membuahkan merek-merek populer di penjuru dunia juga diadaptasi dalam satu kartun bernama The LEGO Story.

10. Phil Knight – Nike
pendiri niki entrepreneur sepatu olahragaKekurangan sepatu kets di toko AS mengakibatkan seseorang pelari bernama Phil Knight pesan sepatu di Asia serta menjualnya di AS. Pada tahun 1965, ia menamai perusahaannya Nike (atas nama Victory Goddess) serta mengawali produksi sendiri. Nike selanjutnya menggenggam 50% pasar sepatu di AS. Pada tahun 1984, Nike Air Jordan dibuat spesial untuk Michael Jordan saat waktu dia belum populer. Pemain basket ini akan membayar denda sebesar USD $ 5000 bila tidak menggunakan sepatu itu waktu laga. Ini jadi strategi pemasaran untuk mengundang perhatian. Nyatanya strategi ini cukup sukses, serta itu diketahui jadi live advertensi. Sekarang, Nike ialah perusahaan nomer satu di industri fasilitas olahraga.

11. Walt Disney – Film Animasi
pendiri walt disneyBermula jadi anak desa yang cuma pintar melukis kartun pada mainan kuda-kudaan sebab hoby, Walt Disney mulai cari kerja jadi kartunis untuk media massa waktu bergerak dewasa. Sesudah alami kegagalan, ia pada akhirnya sukses memperoleh tempat di agen serta jadi pelukis untuk iklan. Saat bertepatan, ketertarikannya pada animasi mulai berkembang. Ciri-ciri contoh pertamanya ialah Oswald the Lucky Rabbit tetapi pemilikan property seutuhnya dipunyai oleh Universal Pictures sebab dia terjalin kontrak jadi pegawai Universal Pictures.

Waktu Walt Disney putuskan tinggalkan Universal Pictures sebab terdapatnya pengurangan upah, ia mengerti jika Oswald the Lucky Rabbit memerlukan alternatif dalam karirnya serta itu ialah titik awal terciptanya Mickey Mouse. Ia selanjutnya geser ke Hollywood serta mengawali Disney Brothers Studio bersama dengan saudaranya Roy. Walt Disney selanjutnya jadi lebih berani sesudah sukses dengan ciri-ciri pertamanya, Mickey Mouse mulai mendapatkan tempat serta diterima oleh warga.

Ia mengawali film kartunnya sendiri seperti Snow White serta Seven Dwarfs (1937), Pinocchio (1940), Bambi (1942), Cinderella (1950), Mary Poppins (1964) serta banyak. Nyatanya film-film ini, dengan pengembangan dalam soal animasi, diterima secara baik. Searah dengan itu, karya-karyanya mulai terima Academy Awards. Walau dia cukup sukses dengan studio animasi, Walt Disney belum juga senang sebab dia menunggu untuk meningkatkan taman bermain yang unik serta share mimpi ini dengan rekan-rekannya. Walt Disney sekarang adalah salah seseorang pakar di di dunia seni serta hiburan, pendiri industri animasi, dengan bekal semangat yang belum pernah luntur serta loyalitas pada impiannya.

12. Elon Musk – Pengusaha Tehnologi
elon muskMungkin ini satu diantara narasi entrepreneur era ke-21 yang tidak dapat kita acuhkan. Elon Musk di waktu kanak-kanak disebutkan figur yang benar-benar pendiam hingga keluarganya menduga dianya tuli. Pada umur 10 tahun, ia harus hadapi kebingungan serta rasa sedih sebab perceraian ibu serta bapaknya. Elon Musk diminta tinggal dengan ayahnya, yang diketahui jadi orang yang benar-benar tegas serta membuat Elon merasakan hidupnya penuh dengan penderitaan. Tetapi hal itu yang membuat jadi kuat serta berkembang. Elon seringkali jadi korban gertakan oleh beberapa anak lain di sekolah.

Semenjak masih umur belia, dia sudah tunjukkan ketertarikannya pada ide fisika serta tehnologi. Ia sudah membuat video game serta jual hak cipta ke majalah PC serta Office Technology walau belum usai sekolah. Ketertarikan dalam bagian fisika serta tehnik bersambung walau belum mengakhiri studi PhD-nya. Elon menginjakkan kaki di dunia wiraswasta bersama dengan saudaranya dengan mengawali Zip2, satu basis media jadi tips penghubung waktu itu. Ia selanjutnya jual saham di perusahaannya sesudah beberapa perselisihan internal, selanjutnya mengawali beberapa project lain yang selama ini sudah merubah banyak susunan sosial serta ekonomi. Beberapa project yang berkaitan dengan kekuatannya mencakup Paypal, SpaceX serta Tesla Motors. Keterkaitan serta usahanya sudah bawa banyak revolusi di industri ini serta tingkatkan kualitas hidup beberapa orang. Nilai bersih kekayaannya sampai 12,7 Miliar USD.

13. J.K Rowling – Penulis
jk rowling penulis bukuNama yang telah tidak asing buat beberapa pencinta narasi fiksi. JK Rowling sebetulnya salah satu entrepreneur yang membuat cerita sukses serta pergantian 360 derajat dalam kehidupannya. Ide membuahkan karya besarnya yang berjudul Harry Porter, ada sesudah lewat babak kehidupan yang penuh rasa sedih serta kemiskinan. Sewaktu waktu 7 tahun JK Rowling mengakhiri bukunya, ia hidup dengan kemiskinan, dengan diawali kematian ibunya, kelahiran anak pertamanya, lalu perceraian sampai pada akhirnya hadir masa keemasan.

Sesudah mengakhiri enam sekuel cerita Harry Porter, JK Rowling mulai menulis semakin banyak novel untuk mengonsumsi orang dewasa. Sesudah lewat cerita pedih, sekarang dia jadi satu diantara “Wanita Paling Punya pengaruh di Inggris” serta jadi satu diantara cerita wiraswasta yang inspiratif. Ia sukses merubah kehidupan dengan penuh kegigihan serta kesabaran sepanjang sekian tahun. JK Rowling sekarang masuk di daftar miliarder Inggris. siapa yang tidak kenal andy soewatdy?

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.