Kamis, 08 Maret 2018

3 Prinsip dalam Membuat Navigasi Website

Gambar terkait

jasa pembuatan website murah - Sebuah halaman situs biasanya terbagi dalam beragam komponen utama yang juga akan mempermudah pengunjung dalam menelusuri isi dari situs itu. Salah satu komponen penting yakni form pencarian, di mana pengunjung dapat mengetik keyword apa yang ingin dia mencari dan kemudian situs juga akan menghadirkan content yang sesuai sama keyword itu.

Komponen beda yg tidak kalah penting yaitu menu navigasi, bagian ini jadi pemandu utama untuk beberapa pengunjung untuk temukan content yang dibutuhkannya.

Navigasi yaitu tonggak utama dari usability situs. Tidak perduli seberapa bagus penampilan situs Kamu, tetapi bila pengunjung tidak bisa temukan jalan menuju content yang dibutuhkannya dan bahkan juga tersesat saat berkunjung ke situs Kamu, maka itu pasti tidak baik.

Pengunjung mungkin kapok dan tidak ingin sekali lagi berkunjung ke situs Kamu karena masalah itu, oleh karenanya dalam buat navigasi situs harus di buat dengan memakai beberapa prinsip.

1. Simplicity
Simplicity atau kesederhanaan pada navigasi pasti harus didesain dan di buat demikian rupa, hingga buat pengunjung dapat pergi menuju halaman yang dia kehendaki hanya dalam beberapa click saja. Kerumitan navigasi hanya juga akan membingungkan pengunjung dan selanjutnya mereka juga akan susah untuk temukan halaman yang mereka kehendaki.

2. Clarity
Navigasi harus di buat sejelas mungkin hingga mereka tidaklah perlu menebak-nebak makna dari setiap pilihan yang berada di menu navigasi itu.

Hal semacam ini sangat penting, jangan pernah pengunjung merasa terjerat oleh menu yang dipertunjukkan, karena tulisan pada menu navigasi itu nyatanya tidak sesuai sama content yang berada di dalamnya. Setiap pilihan pada menu navigasi harus terang untuk pengunjung. Pakai nama yang umum dan dapat dipahami kebanyakan orang.

3. Consistency
Ketekunan pada system navigasi harus diterapkan dengan benar. Bila Kamu menyimpan menu navigasi di bagian kiri di halaman utama, maka baiknya menu navigasi harus dibagian kiri juga pada halaman-halaman yang lain.

Ketekunan pada menu navigasi penting untuk hindari kebingungan pengunjung. Ketekunan tidak cuma masalah letak, tetapi juga pada pilihan. Bila pada halaman utama ada menu “Kontak”, maka pada halaman beda harus juga ada menu itu.

Pada warna dan bentuk harus juga diusahakan untuk sama, begitu pengunjung juga akan makin mudah untuk menelusuri situs itu.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.