Kamis, 04 Januari 2018

CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI

Gambar terkait

jasa pembuatan website di jakarta utara - Tutorial lengkap cara buat situs sendiri dengan cepat dan mudah dipahami oleh pemula yang ingin buat situs nya dengan mandiri juga akan kita ulas pada tulisan kesempatan ini. Sebelumnya itu kita harus ketahui terlebih dulu apakah itu sebuah situs? Memang pada intinya pada dasarnya situs dapat disamakan dengan blogspot, yakni memposting beberapa info ke internet hingga dapat dibuka dan di baca banyaknya orang. Tetapi di sini ketidaksamaannya yaitu sebuah situs memiliki penampilan fleksibel yang dapat dirubah-ubah sesuai template dan script engine yang dipakai. Diluar itu feature menu dan management artikelnya juga sangat lengkap dari mulai pemasangan plugin, addon, dan pilihan templatenya sangat beragam.

Ada beberapa type script engine yang dapat sahabat pakai yakni WordPress, Drupal, Joomla, AuraCMS, Mambo, PhpBB dan banyak sekali lagi beragam type Cms yang lain yang dapat didownload dengan gratis dan peranan semasing cms ini pun tidak sama bergantung dari keperluan. Kebetulan yang sempat saya pakai untuk buat situs ini yaitu script wordpress, karena lebih familier untuk orang yang menyukai catat menulis artikel. Jika sahabat juga memiliki hoby menulis memposting artikel seperti di blogspot maka CMS yang paling pas untuk dipakai yaitu WordPress, karena script engine ini memiliki beberapa feature yang lengkap dari mulai editing artikel, plugin, template s/d Search Engine Optimization.

1. Memastikan topik/type webiste
Langkah awal yang perlu kita kerjakan yaitu kita terlebih dulu harus memastikan topik/niche/type situs yang juga akan kita buat. Anjuran saya samakan dengan hoby apa yang paling sahabat gemari, karena ini menolong untuk sistem penulisan artikel agar senantiasa semangat dan tidak menjemukan misalnya situs mengenai olah raga, tips dan trik, toko on-line atau bahkan juga situs traveling. Satu hal sekali lagi yang perlu diutamakan di sini yaitu bagaimana memastikan topik situs yang berisi universal dan temanya akan tidak habis dari masa ke masa.

2. Memilih Script Engine
Langkah selanjutnya yaitu memilih type script yang nanti juga akan sahabat pakai, lengkap dengan templatenya. Ini mempunyai tujuan agar nantinya penampilan situs itu maksimum sesuai sama apa yang kita berharap. Meskipun nanti setiap saat masa datang template ini dapat dirubah setiap saat.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta pusat

3. Memilih nama domain
Langkah ke-3 setelah memastikan template webiste yaitu memilih nama domain yang sesuai sama topik yang telah kita pilih. Pilihlah nama domain yang tengah tidak aktif digunakan oleh orang yang lain, sahabat dapat mengeceknya di http :// www. whois. com/whois /. Eitss.. Janganlah salah, memang nampaknya mudah, tapi kesulitannya di sini yaitu setiap nama yang juga akan kita daftarkan tentu telah terlebih dulu ada yang telah memilikinya.

4. Menyewa domain
Setelah memilih domain yang tepat langkah setelah itu yaitu menyewa domain itu. Kenapa saya memakai arti menyewa, karena domain yang kita pakai itu tidak mutlak seutuhnya punya kita. Kita hanya dapat menyewanya untuk satu tahun lebih sesuai sama uang yang kita bayarkan. Setelah masa sewa ini selesai maka domain itu tidaklah punya kita sekali lagi, tapi janganlah cemas dahulu, karena masa sewa ini dapat kita memperpanjang sekali lagi seandainya dibayarkan pada saat yang tepat sebelumnya tanggal selesai masa sewa atau tanggal Expired.

5. Menyewa hosting
tahap selanjutnya yaitu menyewa hosting untuk menyimpan script engine yang nanti juga akan kita pakai. Kemampuan hosting ini pun tidak sama, pilihlah sesuai sama keperluan saja. Untuk hosting wordpress ukuran 50-100Mb saja telah cukup. Yang paling penting memiliki sarana addon domain dan database MySQL yang lebih dari satu. Ini peranannya agar kita dapat memakai hosting untuk dua domain yang berlainan. Untuk problem bandwidth untuk awal-awal masih tetap belum juga jadi problem, karena pemakaiannya pastinya masih tetap di bawah standard. Tapi untuk beberapa jagalah, pilih bandwidth yang di atas 10GB.

CARA MENGGABUNGKAN DOMAIN DAN HOSTING
Setelah melalui beberapa langkah awal di atas hal yang perlu dilakukan setelah itu yaitu menghubungkan hosting dengan domain yang telah kita sewa barusan. Untuk posisi yang mutlak dan harus dilewati yaitu beli domain terlebih dulu baru beli hosting. Sebab biasanya untuk beli sebuah hosting harus harus memasukkan nama domain. Kemudian sahabat biasanya juga akan dikirimi sebuah e-mail yang berisikan :
1. Username dan password untuk masuk ke situs penyedia hosting
2. Username dan password untuk login ke cpanel hosting
3. DNS Nameserver untuk mensetting domain contoh : ns1. penyediahost. com dan ns2. penyediahost. com
4. Biaya sewa hosting dan batas akhir kapan waktu sewa hosting itu selesai.

Untuk dapat memadukan domain dan hosting hal yang kita perlukan yaitu nameserver dari penyedia hosting itu, langkah-langkahnya seperti berikut :
1. Log in ke situs tempat penyewa domain yang telah sahabat miliki.
2. Mencari menu ubah nameserver lalu klick menu itu.
3. Input nameserver yang telah sahabat peroleh dari situs penyedia e-mail, lalu click save atau add
4. Tunggulah sampai domain dan hosting tersambung, periode saatnya bermacam ada yang 30menit, 24 jam, bahkan juga bila mujur jadi segera dapat menyatu secara cepat.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.