Rabu, 02 Agustus 2017

Tips Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus

Membuat celengan dari kardus bekas

Untuk buat karya seni tidak harus memakai beberapa bahan yang mahal dan elegan barang bekaspun jika dibuat ditangan-tangan orang yang kreatif nyatanya dapat hasilkan pundi-pundi rupiah jadi kesempatan bisnis kamu. Di antara nya saya akan sharing cara membuat limbah dari kardus-kardus yang penuhi gudang di rumah kita ini yang terkadang dibakar atau kita jual, nah untuk kesempatan ini saya akan sharing pengetahuan mengenai cara buat kerajinan tangan dari kardus agar barang bekas ini memiliki nila lebih dan pastinya hasilkan rupiah. Buat karya berbahan kardus bekas dapat juga menghemat biaya pengeluaran dengan juga mengoalahnya kembali kita telah selalu menolong pergerakan go green dalam penanggulangan limbah.

Beragam cara pemerintah sudah dilakukan untuk menanggulangi limbah, salah satunya limbah dari kardus bekas ini, ditangan mereka-mereka yang kreatif limbah berbahan kardus ini dapat disulap jadi sebuah maha karya seni yang bermanfaat juga memiliki nilai estetika yang indah dan dapat diperjual-belikan hingga akan hasilkan uang dan jadikan kesempatan bisnis yang menjanjikan. Nah dalam bahasan kesempatan ini saya akan sharing cara dan langkah dalam buat kerajinan yang datang dari limbah kardus bekas ini :

Buat kerajinan tangan berbahan kardus bekas ini sesungguhnya juga memiliki beberapa maksud yakni selain membuatnya jadi bahan yang bermanfaat dan memiliki nilai pakai juga telah turut bertindak dalam memakai limbah jadi bahan yang lebih berguna.

Tersebut disini cara membuat kotak kosmetik dari kardus yang unik dan menarik memiliki bahan kardus bekas

1. Tas cantik dari kardus bekas

Alat dan bahan : 

  • Kardus bekas
  • Tali rafia
  • Lem
  • Gunting
  • Tali untuk pegangan
  • Kertas kado
  • Plastik transparan putih
  • Jarum kasur 

Cara membuat tempat kosmetik sederhana

  1. Gunting kardus sesuai ukuran yang diperlukan, kesempatan ini saya buat alur berupa persegi panjang, sejumlah lima bagian.
  2. Kemudian bungkus semua bagian dinding luar kardus dengan bungkus hadiah dengan memngguanakn lem.
  3. Lalu bungkus sekali lagi memakai plastik transparan agar lebih awet dan tahan air.
  4. Jahit semua pinggir bagian tas itu dengan tali rafia dan jarum kasur
  5. Setelah ke 5 bagian kardus terjahit, semasing bagian dikumpulkan lewat cara dijahit juga.
  6. Setelah itu berikan lubang pegangan dan berikan tali
  7. Usai dan jadilah tas cantik yang menarik

2. Buat lampu gantung dari kardus bekas 

Sampah yang satu ini benar-benar sangat berguna sekali jika dibuat jadi suatu hal yang bermanfaat salah satunya kesempatan ini saya akan sharing bagaimana cara membuat lampu gantung berbahan kardus bekas.

Alat dan bahan : 

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Fitting
  • Lampu
  • Kabel
  • Pensil
  • Penggaris
  • Cat semprot 

Cara membuat : 

  1. Sediakan kardus bekas, tandai dengan pensil berupa persegi panjang dengan panjang 60cm dan lebar 21cm lalu potong.
  2. Setelah itu beri warna salah satu bagian dari potongan kardus itu dengan cat semprot. Pilih warna cat sesuai selera yang diinginkn. Lalu diamkan beberapa menit sampai cat betul-betul kering.
  3. Tandai bagian panjang kardus yg tidak dicat jadi lima bagian sama panjang, lalu garis dengan cutter namun awas jangan pernah terpotong kardusnya. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar kardus dapat dilipat jadi bentuk segilima sama sisi
  4. Bentangkan kembali kardus dari lipatan segilima lalu potong memanjang kardus jadi tujuh bagian, dengan semasing bagian memiliki ukuran panjang 60cm dan lebar 3cm
  5. Setelah didapat potongan kecil-kecil, sambungkan antar potongan itu hingga membuat segilima dengan bagian yang dicat berada pada tempat bagian dalam. Sampai ujung ketujug potongan itu tersambung semua. Lalu susun ketujuhnya sampai atas. Yang kelak akan dipakai bingkai dari lampu gantng
  6. Setelah itu sediakan bagian atas dari kap lampu itu, potong kardusdengan bentuk segilima sama bagian dengan panjang sisi-sisinya 12cm sesuai sama potongan bingkai yang sudah di buat, agar mudah dijiplak ukuran bingkai segilima sama sisinya lalu tinggal dipotong memakai cutter.
  7. Buat lubang di tengahnya bagian atas dari kap lampu yang yang sudah di buat, hingga ujung lampu dapat masuk ke fiting lalu lem fitting dengan kardus itu.
  8. Tinggal dipasang framenya dan rekatkan dengan lem tembak hingga terjadi lampu gantung yang cantik ini.

3. Buat celengan dari kardus bekas 

Celengan biasanya terbuat dari keramik maupun semacam bahan dari plastik yang sudah dibuat kembali. Namun nyatanya celengan bukan sekedar di buat berbahan semacam porselin atau yang lain namun dapat juga memakai salah satu limbah anorganik yaitu limbah kardus bekas yang sering sekali kita temui. Pemakaian kardus bekas ini selain untuk melindungi kelestarian lingkungan juga mengajak kita untuk berkreasi dalam pemakaian beberapa barang yang telah tidak terpakai jadi barang yang bermanfaat bahkan juga dapat hasilkan uang di tangan-tangan mereka yang kreatif dan telaten dalam tekuni kerajinan tangan ini. Hingga tidak salah jika bisnis wiraswasta ini dapat maju dengan cepat, selain bahan nya yang mudah didapati dan yang memiliki nilai lebihnya yaitu jadikan karya seni ini lebih unik. Nah kesempatan ini saya akan sharing cara bagaimana buat celengan dari kardus yang unik ini,

Alat dan bahan : 

  • Kardus
  • Gunting
  • Pensil dan penggaris
  • Tali dan lem untuk menjadikan satu jaring-jaring kubus yang dibuat
  • Cutter untuk buat lubang untuk memasukan tali 

Cara membuat : 

  1. Buat jaring-jaring kubus dengan ukuran 10cm pada setiap sisinya, sisakan sedikit bagian pada pinggir jaring-jaring kubus untuk penguat saat jaring-jaring itu dikumpulkan kembali.
  2. Lubangi pinggir jaring-jaring kubus memakai paku, ketika buat lubang ini jaring-jaring kubus dikumpulkan hingga membuat bangunan kubus. Maksudnya yaitu agar lubang yang kita buat barusan nanti mudah dipasang. Buat juga lubang untuk memasukan koin/uang.
  3. Selanjutkan beri tali untuk merekatkan bagiannya, lalu input lubang-lubang yang telah di buat barusan, untuk tali yang pertama dimasukan ke lubang untuk tonjolan pada ujung tali lewat cara buat simpul mati. Maksud pembuatan tonjolan ini yaitu agar tali tidak lepas kembali. Kerjakan penyatuan jaring-jaring kubus pada semua rusuk kubus. 

Nah, mudah bukanlah buat kerajinan tangan berbahan limbah yang satu ini, mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan inspirasi kamu untuk turut berkompetisi dalam dunia bisnis kerajinan tangan juga turut dan dalam penanggulangan limbah jadi bahan yang lebih berguna.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.