Rabu, 04 Oktober 2017

7 Tips Merangsang Kreativitas Anak

Gambar terkait

cara mendidik anak agar kreatif - Kreatifitas adalah kata yang dikaitkan dengan kepandaian seorang dan pendapat ini tidak salah namun tidak semua benar. Beberapa orang mengartikan kreatifitas yaitu sikap hidup dan perilaku, ada juga yang menghubungkan kreatifitas dengan beberapa ide baru dalam pengetahuan, tehnologi dan pemecahan problem beragam bagian. Orangtua juga akan suka dan bangga bila anaknya memiliki kreatifitas yang tinggi. Merangsang kreatifitas pada anak adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah.

Sulit, karena umumnya orangtua dan lingkungan tidak membebaskan anak untuk mengungkap diri dan wujudkan fikiran-pikiran dan ide-idenya yang disebut keperluan pokok yang ciri khas jadi manusia. Beberapa orangtua masih tetap berasumsi kalau fikiran-pikirannya yaitu yang paling baik untuk anaknya. Sedang anak merasa kalau dia lebih tahu dengan apa yang dipikirkan dan diperbuat.

Mudah, karena kreatifitas juga akan tumbuh dan berkembang pada diri anak ketika batas fikiran orangtua diperlonggar. Ketika batas-batas fikiran orangtua diperlonggar maka anak semakin lebih bebas untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan dianya, dan ini adalah media rangsangan kreatifitas pada anak. Bakat sang anak sering diperlihatkan dari kreativitasnya. Orang-tua dapat ikut bertindak merangsang kreatifitas si kecil dengan membuat lingkungan yang kondusif untuk anak untuk meningkatkan kreativitasnya.

Bagaimana cara merangsang kreatifitas anak? Berikut beberapa tips menghidupkan kreatifitas anak.

1. Banyak Berkomunikasi 
Banyak berkomunikasi sangat berguna untuk si kecil, satu diantaranya yaitu membuat rasa yakin diri anak untuk mengungkap ide-idenya. Inspirasi ini terkadang didapat dari info yang didapat dari beragam sumber, namun dapatlah murni dari imajinasi dan kreatifitas anak.

2. Buka Pikiran Anak 
Apa yang diliat dan didengar si kecil sering sangat membekas didalam hatinya, terlebih bila berhubungan dengan minatnya. Perluas pikiran si anak dengan memberi buku bacaan, mengajak ke pameran, berkunjung ke bazaar, melihat sirkus, berwisata agro, dll.

3. Biarlah Anak Bergaul 
Bergaul memiliki banyak manfaat untuk pengembangan kepribadian anak, satu diantaranya yaitu tingkatkan kreatifitas anak. Sering inspirasi dan kreatifitas anak di inspirasi dari beberapa rekannya.

4. Biarlah Anak Coba 
Biarlah anak coba sendiri apa yang layak ditanganinya seperti melepas sepatu, memakai baju, kerjakan PR, dll. Biarlah anak menolong pekerjaan enteng di rumah seperti membereskan tempat tidur, buka jendela, menyiram tanaman, berikan makan ikan, dll. Saat beraktivitas yang belum juga seutuhnya dikuasai, anak juga akan selekasnya temukan tantangan yang memerlukan kreatifitas untuk mengatasinya.

5. Beri Animo atas Kreatifitas Anak 
Berilah pujian berdasar hasil kreasi anak untuk menaikkan semangat dan tingkatkan yakin diri anak. Sebaliknya, menyalahkan atau memarahi anak atas kekurangannya dalam berkreasi, juga akan menjatuhkan mental dan rasa yakin diri anak.

6. Fasilitasi 
Bila anak Kamu tunjukkan ketertarikan pada suatu hal yang dapat menghidupkan kreativitasnya, bantulah dengan support moril dan materil. Bila anak Kamu sukai photografi, berilah ia camera, ajak melihat pameran photo, perkenalkan dengan club photografi, cari website dan buku tentang photografi, dll.

7. Sertakan Diri dalam Kesibukan Anak 
Anak juga akan suka bila ia dapat melakukan apa yang ia sukai. Bila kamu ikut serta segera dengan aktivitasnya, anak akan lebih semangat, lebih yakin diri, dan tidak sangsi untuk ajukan pertanyaan atau memohon pendapat.

Baca juga : ternak menguntungkan modal kecil

Kreatifitas juga biasanya erat hubungan dengan kesehatan mental. Orang yang sehat mentalnya dapat berperan seutuhnya jadi manusia sepenuhnya yang berarti. Kunci utama dalam merangsang kreatifitas anak yaitu memperlakukan anak dengan fikiran anak-anak bukanlah sebaliknya yakni memperlakukan anak dengan fikiran orangtua.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.