Kamis, 07 Desember 2017

7 Contoh Komunikasi Afektif yang Benar

Gambar terkait

tugas biro konsultasi pr - Mengulas contoh komunikasi afektif sesungguhnya juga akan sangat terkait dengan komunikasi massa. Ya, komunikasi massa memiliki sebuah efek komunikasi di mana satu diantaranya yaitu menyinggung segi afektif dari seorang. Segi afektif adalah sebuah segi sikap dan tingkah laku yang juga akan dilakukan oleh seorang. Dengan terdapatnya suatu sistem komunikasi yang jalan, info yang di terima seorang dapat lalu diinterpretasikan jadi suatu hal yang juga akan merubah sikap ataupun perilakunya. Ini bermakna, ia juga akan alami perubahan pada segi afektif yang dipunyainya.

Berikut yang lalu dikatakan sebagai suatu sistem komunikasi afektif, di mana ada perubahan sikap dalam diri seorang juga akan jadi bagian dari hasil atau efek komunikasi itu. Terdapat beragam jenis contoh dari type komunikasi ini. Berikut ini yaitu beberapa jenis deskripsi yang juga akan buat pemahaman kita pada sistem komunikasi afektif ini jadi lebih mudah :

Siaran Drama 
Siaran drama adalah salah satu bentuk dari komunikasi visual yang juga akan membuat efek pada segi afektif seorang. Nilai-nilai narasi yang berada di dalam drama itu yang lalu juga akan di ambil oleh seorang jadi panduan untuk ambil suatu hikmah. Ini lalu juga akan diinternalisasi kedalam diri seorang jadi bentuk dari perubahan sikap. Jika ketentuan untuk mengubah sikap ini terjadi, maka dapat disebutkan kalau sistem komunikasi afektif yang ada yaitu berhasil.

Siaran Lelucon 
Kita mungkin sempat lihat siaran lelucon sampai tertawa terbahak-bahak karena content di dalamnya yang demikian menggelitik dan lucu. Bukan sekedar siaran, beberapa narasi lucu yang dituliskan berbentuk pengalaman juga sering dapat buat perasaan kita jadi lebih bahagia. Perubahan sikap dari sedih lalu jadi lebih suka atau bahagia berikut yang dikatakan sebagai perubahan dari segi afektif seorang. Sifatnya mungkin hanya sesaat, walau demikian terjadi pergeseran sikap meskipun hanya sedikit. Ini masih tetap dapat digolongkan jadi salah satu contoh komunikasi afektif.

Iklan 
Iklan sesungguhnya adalah bagian dari komunikasi pemasaran. Akan tetapi, iklan dapat juga dimasukkan kedalam komunikasi massa jika content di dalamnya berbentuk ajakan atau suatu pesan tentang info layanan orang-orang. Sistem mengajak yang berada di dalam komunikasi berikut yang lalu dapat kita sebut jadi suatu sistem komunikasi afektif. Terjadi rasa hasrat yang mendorong sikap seorang untuk melakukan perubahan tingkah laku tertentu. Jadi contoh, seorang mungkin juga akan tertarik untuk melakukan aktivitas berbelanja lebih banyak ketika tertarik pada iklan suatu product. Terjadi sistem komunikasi intrapersonal yang juga akan membuatnya melakukan perubahan sikap.

Berita 
Berita, walau juga memiliki efek kecil pada segi afektif seorang, tetapi sebenarnya juga tetaplah efisien dalam memberi suatu perubahan tingkah laku. Seorang yang terkena oleh berita dapat jadi lebih terprovokasi untuk melakukan suatu hal. Pastinya ini juga akan sangat tergantung bagaimana persepsi atau penerimaan seorang itu ketika terima suatu kabar berita. Ada hal yang baik yang baiknya dilakukan ketika mendengar beberapa macam berita, yaitu dengan memperbandingkan berita melalui pojok pandang beda hingga kita akan tidak cepat-cepat buat kesimpulan mentah.

Propaganda 
Bentuk komunikasi yang sifatnya propaganda sesungguhnya sangatlah jarang sekali kita jumpai terlebih yang terang-terangan. Propaganda yaitu usaha untuk memengaruhi seorang untuk ikuti kepercayaan, aktivitas atau beberapa tingkah laku beda yang diputuskan oleh suatu grup. Propaganda juga akan berbentuk positif jika isi dari propaganda itu mengajak kebaikan. Sayangnya, propaganda biasanya identik dengan hal yang negatif. Propaganda dapat jadi salah satu contoh dari komunikasi afektif yang sangat riil dalam mengubah sikap seorang. Terkadang di dalamnya juga memakai beberapa macam media komunikasi tertentu.

Lihat juga : kelemahan dan kelebihan corporate pr

Motivasi 
Seorang yang terkena info dengan sifat berikan motivasi biasanya juga akan alami perubahan tingkah laku. Segi afektif juga akan sangat di pengaruhi pada saat ia memperoleh pesan-pesan motivasi tertentu. Misalnya seringkali kita saksikan, terlebih ketika ada beberapa tayangan dari motivator yang berada di seputar kita. Sistem komunikasi yang dilakukan oleh motivator itu dapat dikatakan sebagai suatu sistem komunikasi afektif.

Saran 
Saran yaitu bentuk dari sistem komunikasi afektif yang sangat sering kita jumpai. Terkadang kita memperoleh saran dari orangtua, rekan atau guru. Demikian juga sebaliknya, terkadang kita memberi beberapa saran tertentu pada orang yang lain. Maksudnya terang, yakni untuk memberi suatu perubahan sikap pada seorang beda. Ini yaitu contoh komunikasi afektif yang memang telah tidak asing sekali lagi.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.